Swab Massal Puskesmas Payolansek, Satu Pasien Terkonfirmasi Positif

Pada hari senin kemaren (06/07/2020) Puskesmas Payolansek telah melaksanakan kegiatan swab massal. Tujuan kegiatan ini untuk melakukan penjaringan besar-besaran terhadap kasus Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar komitmen Pemerintah Kota Payakumbuh melakukan swab kepada lebih 1000 masyarakat dalam rangka memastikan Kota Payakumbuh terbebas sepenuhnya dari kasus Covid-19. Kegiatan ini didukung oleh Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Lurah di wilayah kerja Puskesmas Payolansek, Tim Surveilans dan Analis Kota Payakumbuh, serta Kepala Puskesmas Payolansek dan staf.

Pelaksanaan swab massal dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Alur Pelayanan yang harus dipatuhi peserta swab yaitu mulai dari pintu masuk peserta diwajibkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu. setelah itu peserta akan diarahkan menuju meja pendaftaran dengan membawa identitas diri (foto kopi KTP). Tim surveilan akan melakukan entri data peserta. Setelah perekaman data selesai peserta akan diarahkan menuju bilik swab untuk melakukan swab oleh tenaga Analis Tim Swab Covid-19. Sampel yang telah diambil akan disimpan di Cool Box dan peserta akan diarahkan menuju pintu keluar. Namun sebelum itu peserta diwajibkan untuk melakukan CTPS lagi dan diperbolehkan pulang.

Jumlah peserta swab massal di Puskesmas Payolansek yaitu 36 orang. Dari hasil swab yang telah dilakukan terjaring satu pasien terkonfirmasi positif. “MRF (22 tahun) warga Payakumbuh Barat ini baru pulang dari Kalimantan Selatan. Saat ini beliau dikarantina di BPKSDM” papar Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, dr. Bakhrizal saat melakukan video conference bersama awak media, Kamis (09/07/2020). “Saat ini kita jangan lengah dimasa new normal ini, selalu terapkan protokol kesehatan karena kita tidak tahu bagaimana kita kontak dengan orang lain. Mari bersama-sama kita jaga kesehatan dan selalu memakai masker saat keluar rumah” imbuh dr. Bakhrizal. Dengan ini Kota Payakumbuh kembali memiliki satu pasien positif setelah lebih dari sebulan ini Kota Payakumbuh dikonfirmasi menjadi zona hijau dengan zero case.

*Promkes Puskesmas Payolansek

Tinggalkan komentar