Hari Kesehatan se- Dunia di Payakumbuh

Peringatan Hari Kesehatan Se-Dunia

Foto Bersama Ibu Menkes

Tanggal 9 April menjadi sebuah tanggal yang sangat spesial bagi kota Payakumbuh. Pada tanggal ini kota payakumbuh mendapatkan kesempatan untuk dikunjungi Ibu menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr.  Nila Djuwita Moeloek, Sp.M (K). Kedatangan Ibu Menteri ke Payakumbuh adalah untuk kunjungan dalam rangaka peringatan Hari Kesehatan Se – Dunia.

Sempat timbul kekhawatiran terhadap hujan yang mungkin akan membuat acara berlangsung kurang khidmat, karena H-1 acara hujan deras mendera Payakumbuh, selain itu acara memang di setting outdoor, tapi kekhawatiran itu sirna karena sampai acara berakhir hujan tidak turun. Acara dapat dilangsungkan dengan baik. Sebelum sampai ke lokasi acara di Medan nan Bapaneh, Ngalau, Menkes terlebih dahulu mengunjungi sentra pembuatan gerabah, jamban. Salah satu komitmen Pemerintahan kota Payakumbuh adalah STOP Buang Air Besar di sembarang tempat. Menkes kemudian hadir didampingi Bapak Walikota, Riza Falepi, ST, MT dan Kepala DInas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bapak Elzadaswarman, SKM, MPPM, “Om Z” demikian beliau biasa disapa.

Rangkaian acara pada kesempatan kali ini diantaranya, Penandatanganan Komitmen oleh Forum Kota Sehat, penampilan kabaret oleh Puskesmas Tarok, juga senam ‘Sikat Habis’, berkenaan dengan slogan ‘Sikat Habis’, yang merupakan singkatan dari Selalu Ingin Kesehatan Anda Terpelihara, Harus Bisa, merupakan sebuah program inovasi dari Dinas kesehatan Kota Payakumbuh untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan, sekaligus seabgai upaya dari pemerintah untuk menjamin kesehatan masyarakat kota Payakumbuh khususnya. Sebagai sebuah itikad baik dari Payakumbuh untuk Indonesia, Dinkes Payakumbuh berupaya berkontribusi untuk kesehatan bangsa dengan memberikan draft rancangan program Sikat Habis untuk dapat diaplikasikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi, pada level negara, hal ini sebagaimana disampaikan oleh kepala Dinas Kesehatan.

Rangkaian acara Menkes tidak berhenti disitu saja, selanjutnya setelah acara di Ngalau, Menkes bertolak mengunjungi Kelurahan Payolansek untuk melihat Posyandu yang dilaksanakan di Kelurahan Payolansek. Sebuah kesempatan langka dan berharga bagi Puskesmas Payolansek mendapatkan kunjungan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia. di lokasi Posyandu Menkes tidak berlama – lama karena Menkes harus segera mempersiapkan diri untuk acara malam di Pusat Jajanan malam Kota Payakumbuh, dalam acara santap malam.

Acara santap Malam kali ini dimulai agak molor dari jadwal, sebelum acara mulai Payakumbuh diguyur hujan lebat. Namun demikian, tidaklah mengurangi nikamtnya acara malam tadi, lewat santap malam kali ini Menkes berdialog dengan pedagang di Pusat Jajanan malam, lewat acara ini para pedagang mencoba mencari peluang untuk membantu mereka, hanya saja Kemeterian terhadang akibat perencanaan yang sedang berjelan, namun demikian, Dirjen Kemenkes Bapak M. Subuh sudah berjanji untuk membantu Payakumbuh terkait pengembangan Usaha Kecil dan Menengah untuk tahun anggaran selanjutnya. Hal tersebut disambut gembira baik pedagang ataupun Pemda Payakumbuh, kebijakan pemerintah pusat itu sedikit banyak telah membantu APBD Kota Payakumbuh.

Dengan berakhirnya acara santap malam tersebut, maka berakhir pulalah rangkaian acara Menteri Kesehatan di Payakumbuh, selanjutnya Menkes bertolak ke Bukittinggi untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk agenda Menkes lainnya di kota Bukittinggi.

Kehadiran Menteri Kesehatan pada kesempatan kali ini meninggalkan kesan indah bagi setiap masyarakat Payakumbuh khususnya kalangan kesehatan, diharapkan Program Sikat Habis dapat diaplikasikan dalam skala Nasional, sehingga masyarakat Indonesia dapat mencicipi sedikit yang bisa kami berikan bagi Bangsa ini.

Jika ingin tahu informasi lainnya bisa kunjungi website Dinkes Payakumbuh di alamat berikut ini

Tinggalkan komentar